Cara Mengetahui Situs Paling Populer di Dunia

Pernahkah terpikir oleh teman-teman situs mana yang paling populer di dunia ini? Google? Yahoo? atau Facebook? Lantas bagaimana sih cara untuk mengetahui situs paling populer di dunia? Apakah melalui polling atau penyebaran kuesioner dengan menggunakan metode statistika tertentu? Hohoho..Jangan deh, masih trauma dengan praktikum Statistik Industri.

Sama seperti pemeringkatan perguruan tinggi negeri maupun swasta, ada yang oleh Dikti dan ada yang oleh lembaga lain, ada yang internasioanl ada pula yang nasional. Dan kita sebagai konsumen informasi harus tetap jeli melihat mana yang benar-benar objektif dan mana yang terlalu subjektif. Bahkan, metode yang digunakan juga harus benar-benar dikritisi, sebab setiap metode belum tentu bersifat universal dan reliabel ke semua kondisi. Jangan sampai kita malah percaya pada informasi yang salah.

Sebenarnya pemeringkatan (ranking) situs-situs di dunia ini juga banyak versinya. Namun, kita tidak bisa serta merta mengatakan versi mana yang salah dan mana yang paling benar sebab seperti yang saya katakan tadi bahwa beberapa metodee mungkin cocok pada satu kondisi tapi tidak reliabel pada kondisi lain. Di beberapa postingan yang lalu saya telah membahas mengenai Google Page Rank yang merupakan pemeringkatan situs berdasarkan kepopulerannya. Pengukuran kepopuleran itupun berdasarkan jumlah link masuk (inbound links) dan di komparasi dengan link keluar (outbound links). Silahkan buka di sini untuk membaca detai lengkapnya ya.

Nah, ada lagi situs yang juga memberikan pemeringkatan (ranking) untuk situs-situs yang ada di dunia ini. Dialah Www.Axexa.Com. Eits..ini bukan situs salah satu band muda di negara ini ya. He3x. Berbeda halnya dengan Google Page Rank, dimana semakin besar nilainya berarti semakin populer situs tersebut, ranking yang diberikan oleh Alexa.Com justru sebaliknya, semakin kecil nilainya berarti semakin populer situs tersebut. Metode yang digunakan oleh Alexa.Com untuk me-ranking situs-situs di dunia ini adalah berdasarkan kombinasi jumlah pengunjung dan jumlah halaman situs yang dibuka perhari. Dengan demikian, semakin tinggi nilai kombinasinya, berarti situs tersebut semakin populer dan akan berada pada posisi lebih tinggi. Bisa dikatakan ranking yang diberikan oleh Alexa.Com ini adalah ranking trafik. Nilai ranking ini mirip dengan ranking juara di kelas ketika masih sekolah. Yang paling pintar tentu dapat ranking 1, bukan 40 dari antara 40 siswa.

Silahkan teman-teman buka situs Alexa.Com untuk mengetahui situs yang paling populer di dunia berdasarkan versi Alexa.Com. Anda juga bisa memeriksa popularitas situs Anda dan mengetahui situs Anda tersebut berada pada urutan ke berapa. Selain informasi ranking, Anda juga bisa mengetahui jumlah link masuk pada situs tersebut, rata-rata lamanya seseorang mengunjungi situs Anda per hari, bahkan Anda juga bisa mengetahui ranking situs per regional misalnya ranking situs di negara Indonesia, dan masih banyak lagi.

6 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.