Ulang Tahun, Bukan Sebatas Rutinas, tapi ANUGRAH

Malam minggu kemarin bukan malam biasa buat saya, itu harus saya akui. Bukan karena saya jalan berdua dengan pacar sambil makan malam di restoran bernuansa romantis seperti cerita sinetron Indonesia yang pasti selalu ada adegan makan malamnya.

Tapi karena malam minggu kemarin adalah MALAM HARI ULANG TAHUN saya. Bagi saya malam minggu seperti kemarin sudah terbiasa menghampiri hidup saya. Biasa karena sudah 7 tahun saya hidup ngekost, dan 7 kali pula saya menikmati malam ulang tahun seperti itu, tanpa keluarga di tengah-tengah saya. Ahh, tidak perlu bersedih. Saya yakin saya tidak sedang sendiri saat itu. Ada poster Tuhan Yesus Kristus di kamar saya, poster Soekarno berserta keluarganya, poster ukuran besar Avril Lavigne, dan bendera GMKI dengan perisai bertanda salib di tengahnya yang sengaja saya pajang di dinding kamar saya. Tapi bukan itu yang saya maksud. Ha3x.

Bagi saya ada yang membuat malam ulang tahun kali ini lebih spesial. Pertama, saya harus menyelesaikan file presentasi tugas pengamatan Simulasi Sistem Industri yang dijadwalkan besoknya jam 10.00 wib, sehingga saya mempunyai aktivitas menjelang detik-detik pergantian tahun usia saya. Kedua, hari ulang tahun saya kali ini adalah hari minggu. Selain karena hari itu adalah harinya Tuhan, juga karena saya dilahirkan pada hari minggu tepatnya pukul 02.00 wib (ini berdasarkan prasasti yang pernah saya bahas di sini). Ketiga, saya senang karena malam itu saya di-sms ade saya dan mengajak telp-telponan dengan alasan supaya dia yang pertama mengucapkan selamat ulang tahun pada saya. Duh, niat yang sangat saya hargai dan membuat saya senang. Sambil saya mengerjakan file presentasi saya, saya pun menunggu jam 00.00 wib tiba yang menjadi saat yang paling indah itu.

Tiba-tiba sekitar pukul 22 an, ade saya sms lagi dan bilang kalau dia sudah tidak tahan menunggu karena ngantuk berat. Namun dia menyuruh saya membangunkannya jam 23.55 wib. Saya hanya mengiyakan dan menyuruh dia untuk tidur. Akhirnya waktunya pun tiba. Saya tinggalkan sejenak tugas saya dan mulai berdoa. Saya begitu senang dan tenang. Saya merasa lega karena masih bisa diberi kesempatan oleh Tuhan untuk menghirup udara dan melihat dunianya yang indah ini meskipun dengan keadaan sakit mata yang membuat saya harus memakai kacamata. Selesai berdoa saya mengambil waktu untuk saat teduh dan membaca Alkitab. Saya membaca pokok renungan yang dikhususkan untuk tanggal 17 Mei 2009 dari sebuah almanak kecil yang saya miliki. Ternyata inilah mujijat Tuhan, inilah sebuah kasih yang selama ini kita manusia hindari. Kasih yang membuat kita akan selalu merasa rendah dan mengucap syukur atas ANUGRAH TUHAN.

Ulang tahun memang akan datang pada kita tiap tahun sepanjang kita masih diberi kesempatan untuk hidup di dunia ini. Hal “biasa” dari sebuah ulan tahun terletak pada siklus tahunan serta hadiah dan ucapan yang kita dapatkan baik dari orang yang dengan niat tulus yang semoga karena rasa cintanya ingin menjadi orang yang pertama mengucapkan selamat ulang tahun kepada kita. Tapi ada yang jauh luar biasa, yaitu kesempatan hidup. Kesempatan yang membuat kita masih bisa mendapatkan dan menjalani rutinitas itu. Hidup di dunia hanya sekali. Tidakkah setiap detik waktu ini begitu berharga? Tidak semua hal butuh uang, tapi segala-galanya butuh waktu. Pergunakanlah kesempatan hidup untuk kemulian-Nya.

Setelah selesai membaca renungan dan berdoa kembali, saya teringat dengan ade saya. Saya kemudian menelpon dia tapi tidak diangkat. Saya pun meng-sms dan memberitahu supaya dia tidur saja dan mengucapkan terima kasih atas niatnya.

Sayapun melanjutkan kerjaan saya dan menunggu matahari terbit. Ada banyak hal yang saya tunggu hari itu, salah satunya ucapan selamat dan doa dari orang tua dan saudara-saudara saya yang terkasih yang juga merupakan anugrah Tuhan buat saya.

Terima kasih Tuhan atas anugrah ini. Happy birthday for me and wish me all the best…

13 Comments

  • melyn Reply

    selamat ulang taun ya…!

    trims uda mampir ke blog melyn.

    • HelNes

      Makasi juga ya..

  • Jingga Reply

    met ultah ya…moga tmbh sukses…

    • HelNes

      Thx bang.. (Y)

  • genial Reply

    sama-sama ngucapin ahh… bole kan?!?!?!
    met ultah iia… hope you all the best deyh :)

    • HelNes

      Makasi ya kawan.. 🙂

  • quinie Reply

    happy belated birthday ya Helnesss…. wishing you all the best. Buruaaann lulus ya :)

    • HelNes

      Oke mbak.. 😀 Makasi ya.. 🙂

  • bang fiko Reply

    Selain anugrah, hendaknya moment ulang tahun juga bisa kita manfaatkan untuk introspeksi diri dan merencanakan langkah kedepan dalam kehidupan kita.
    Selamat Ulang Tahun, bro.. Wish u all the best

    • HelNes

      Betul sekali bang..makasi atas sarannya ya.. (Y)

    • HelNes

      Makasi ya… 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.