Heran, Hobby Kok Baca SMS HP Orang Lain Sih?

Ngobrol itu cukup mengasikkan. Mendengar orang ngobrol juga bisa mengasikkan apalagi kalau obrolannya itu asyik dan kita bisa tahu seperti apa gaya obrolan mereka. Tapi, kalau sampai memata-matai obrolan orang lain menurut saya bukan termasuk etika yang baik. Ya, salah satunya adalah membaca SMS HP orang lain.

3 tahun yang lalu, seorang junior saya waktu SMA datang ke Surabaya karena diterima kuliah di ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) melalui jalur PMDK Reguler. Waktu itu dia tinggal sementara bersama saya. Pernah suatu hari ketika bangun tidur, saya membuka HP karena ada SMS baru. Tapi saya sedikit heran karena melihat ada beberapa SMS yang sudah dalam status terbaca tapi seingat saya belum pernah saya buka dan baca. Saya coba tanyakan ke dia. Eh, ternyata sambil cengar-cengir dia mengatakan membacanya waktu saya sedang tidur. Saya hanya menegurnya agar tidak mengulanginya lagi.

Tahun ini, ada lagi  junior SMA saya yang datang ke Surabaya karena diterima kuliah di ITS. Ntah karena kebetulan (sebenarnya betul), jurusan yang dia pilih sama dengan junior saya 3 tahun lalu dan melalui jalur yang sama, PMDK Reguler. Yang lebih kebetulan lagi (lebih cocoknya “memang betul”;), dia juga mempunyai hobby membaca SMS HP saya. Yang namanya pacaran tentu SMS saya dengan pacar saya penuh kata-kata mesra satu sama lain. Dengan PD-nya dia ketawa-ketawa di depan saya dan teman-teman yang lain sambil meniru-niru isi SMS di HP saya.Parahnya lagi, saya sering melihat dia melakukan hal yang sama.

Duh, kok isi SMS saya jadi bahan tertawaan? Isinya kan bukan jokes atau cerita lucu? Apa sih lucunya? Biasa aja kalee. Itu kan SMS sepasang kekasih? Biasakan? Lantas?

Waktu saya tanya apa sih enaknya membaca SMS HP orang? Dengan entengnya dia menjawab, “Lucu aja. Asyik membaca-baca SMS orang”.

foto gadis sexy membaca smsKalau dipikir-pikir, ada juga benarnya yang dia katakan. Membaca SMS orang lain itu cukup asyik. Ada rasa geli kalau membaca isi percakapan pribadi orang lain. Bahkan, lebih jauhnya kita bisa mengetahui rahasia pribadi orang lain. Tapi, itu sangat tidak sopan, sekali lagi sangat tidak sopan karena melanggar privasi orang lain. Ada bagian-bagian dari kehidupan seseorang yang tentu tidak diinginkan diketahui oleh orang lain. Ada yang namanya pembatasan hak akses untuk bagian-bagian tertentu. Inbox HP merupakan salah satu bagian yang cukup dijaga privasinya. Banyak hal-hal yang tidak kita inginkan didengar orang lain sehingga kita membicarakannya melalui SMS.

Oleh sebab itu, mari kita cari hobby baru yang jauh lebih asyik dari pada sekedar membaca SMS HP orang lain.

Gambar: www.istockphoto.com

19 Comments

  • alim Reply

    (E) (E) (E) (E) (E) (L) (L) (L)

  • bambang herdiana Reply

    Tanda tanda orang sakit jiwa
    1. Diam menyendiri dengan pandangan kosong.
    2. senyum senyum sendirian.
    3. Melakukan kesalahan tapi tidak merasa bersalah.
    4. Diam diam buka sms orang lain.
    5. dan lain lain ( silahkan tambahkan }

  • mfm 76 Reply

    caranya baca inbox hp orang lain kalo tanpa menyentuh ato membuka hp orang lain tu gmn ?

  • abenk Reply

    getok aja….
    salam kenal……..

  • armando Reply

    Horas Lae,lae tolong dulu aku bisa lae tau cara mengetahui sms sim card yang sudah hilang,sementara aku ga pake pelindung data.
    Kalau bisa tolong bls ke email ya lae.Trims.

  • ajikinai Reply

    :-S aku ga suka yang kaya gituan.hehe
    lebih asik baca komen2 di blog orang..haha asik tuh 😉

    • HelNes

      Samalah mas…
      Termasuk membaca komen di blog ini kan? (H)

    • HelNes

      Berarti perlu diberantas kan mbak..wkwkwkkw

  • Bobby Reply

    Horas Lae!
    Dulu (waktu aku masih jerawatan), kadang-kadang suka curi-curi gitu juga *hihihi*
    Tapi trus kena balesannya dan sekarang gak mau lagi (H) *kuwalat*

    • HelNes

      Horas lae..
      hahahaha..yang penting dah tobat bob… 😀

  • Clara Reply

    hihihi, waktu saya pacaran aja, saya nggak pernah buka” hape pacar saya untuk baca sms nya…jelas itu nggak sopan baca sms tanpa ijin dulu.
    lagian saya aja, liat hape orang kalo bukan org itu yg nyuruh, rasanya nggak nyaman…>.<
    .-= Clara´s last blog ..Memory of Bali versi Kura =-.

    • HelNes

      Sayangnya rasa tidak nyaman itu gak bisa dirasakan oleh si penghobby baca sms orang itu mbak..seperti yang saya katakan, justru dia PD.jdnya susah deh..

  • tealovecoffee Reply

    betul betul betul! (ala upin & ipin)
    meskipun aku mengakui pernah juga melakukan dosa itu (W)
    baca sms orang mirip dgn mencuri: mencuri rahasia orang lain, mencuri hak orang untuk memiliki privasi…
    Untungnya apa coba selain buat ngetawain?? Ga bener bgt yah..
    .-= tealovecoffee´s last blog ..Jangan Nonton Film 2012 =-.

    • HelNes

      Dan mencuri itu adalah dosa. So, jangan dilakukan..ya gak tia? 😀

  • ninneta Reply

    Iiiiih ada banget temenku yang begini, pengen digetok rasanya… Apalagi kalo tiba2 ketawannya dengan cara dia keceplosan… iiih nyebelin abis…. bisa abis aku mencak2…. Kebiasan buruk banget… nggak ngerti artinya privasi…

    kok jadi aku yang marah-marah ya…. hehehe

    oh iya, makasih yah dah mau main2 dan komen ke blog aku…. :)

    salam,

    ninneta

    • HelNes

      Hhehehe..sabar mbak..saya juga sering emosi klw ada yang buka2 inbox saya tanpa seijin saya..

      Mkasi juga ya sudah berkunjung balik.

    • zee

      Wah kalau saya, tidak ada yg berani buka sms-sms saya. Jgnkan buka, pegang hp saya aja gak berani. Takut diterkam macan hahahaaa…
      .-= zee´s last blog ..Gue Hajar Juga Tu Orang! =-.

    • HelNes

      Busyet..klw gtu gak boleh dunk minjam HP mbak utk sms gratis..wkwkwkwkw

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.