Menuju Ruang Masa Depan Baru (2)

Tanggal 24 Agustus 2011 kemarin itu merupakan hari terakhir saya kerja di LG. Tadinya sih ingin lebih awal lagi karena ingin segera pulang kampung. Tapi saya harus menyelesaikan beberapa tugas lagi dan mempersiapkan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan proses pengakhiran masa kontrak kerja. Cukup sedih waktu itu. Pelukan perpisahan dari bos saya akhirnya membuat saya lega dan terharu.

Saya sebenarnya sudah lama memberi sinyal ketidakpuasan melalui pemberontakan saya terhadap perlakukan bagian lain atas saya dan rekan-rekan saya di R&D. Saya sering sharing dengan part head saya. Beliau benar-benar jadi teman sekaligus rekan kerja. Dia tidak memposisikan dirinya sebagai seorang bos. Perlakukan, cerita pengalaman, serta ilmu yang diberikannya yang membuat saya berusaha bertahan lebih lama. Akhirnya, disaat review contract kerja, saya mengutarakan keinginan saya untuk tidak memperpanjang kontrak kerja tersebut. Saya berikan salah satu alasan yang sebenarnya tetapi saat itu bos-bos saya selalu mematahkannya. Meskipun akhirnya saya tetap memilih untuk keluar. Satu hal yang cukup membuat saya sempat bimbang adalah ketika itu saya benar-benar belum mendapatkan pekerjaan lain. Artinya, saya harus siap menganggur… ;-(

Melompati Pagar Rumput

Saya sempat mengaku pada pak Ronny (Part Head saya) bahwa selama saya bekerja di LG saya sempat mencoba test di beberapa perusahaan lain  :-D. Sebenarnya tanpa saya akui pun beliau sudah tahu karena beberapa kali saya bolos kerja dengan alasan sakit (meskipun beberapa diantaranya memang benar-benar sakit). Tapi waktu itu saya tidak mengakui bahwa salah satu perusahaan itu adalah Bank Central Asia (PT BCA tbk).

Proses rekrutment di BCA tersebut cukup lama. Selain karena banyaknya tahap yang dilalui, saya sempat berhenti lama setelah menjalani tahap interview user untuk posisi Account Officer (AO) yang merupakan posisi pilihan pertama saya. Berikut tahapan test dari program yang biasa disebut sebagai BCA Development Program (BDP):

  1. Administrasi (bisa lewat JobStreet atau dikirim ke Wisma Asia 1 BCA, Slipi)
  2. Psikotest (saya akui ini cukup sulit)
  3. Interview Psikolog (disini calon karyawan diwawancarai oleh psikolog yang diundang khusus oleh BCA)
  4. Dinamika Kelompok (biasa disebut Focus Group Discussion)
  5. Interview HRD
  6. Interview User
  7. Medical Check Up

Saya sendiri memasukkan aplikasi lamaran lewat JobStreet. Kemudian menjalani tahap 2-5 di Wisma Asia 1 BCA di Slipi. Sedangkan interview user untuk posisi AO tersebut saya jalani di gedung BCA yang ada di Grand Indonesia. Bodohnya, saya tidak pernah mencatat tanggal-tanggal penting setiap menjalani tahapan test tersebut. Padahal itu sangat penting mengingat bahwa catatan sejarah diperlukan sebagai sebuah fakta (H). Yang saya ingat bahwa terakhir saya menjalani interview user untuk posisi AO tersebut adalah pertengahan bulan April 2011. Tapi untuk tanggal setelah tahap tersebut masih saya ingat.

Sayangnya saya belum bisa mendapatkan posisi sebagai AO di BCA. Itu mungkin setelah para users tersebut melihat bahwa kapabilitas dan potensi saya tidak untuk seorang AO. Lama saya menunggu jawaban apakah diterima atau tidak. BCA memang akan memberitahukan apakah seseorang gagal atau berhasil menjalani test. Sebuah cara yang adil memang, yang bisa membuat orang tidak mati penasaran..hahahaha..Akhirnya jawaban saya terima pada akhir bulan Juli 2011. Penantian yang sangat panjang  :-D. Tapi disinilah cerita yang mengharukan bagi saya sekaligus semakin menguatkan iman kepercayaan saya pada Tuhan.

Senin, tanggal 25 Juli 2011 saya mendapat telp dari HRD BCA. Waktu itu saya masih di kantor (LG) dan HP tidak saya angkat. Saat itu sebenarnya sudah lewat jam pulang kantor. Sudah 2 kali saya mengalami hal seperti ini. Pertama saat undangan interview HRD. Saya ditelp sekitar jam setengah 6 sore dan saat itu saya dan rekan-rekan di PM R&D LG sedang makan bareng dengan pak bos di Hanamasa Karawaci. Seperti kejadian yang di Hanamasa itu, saya telp balik tidak bisa karena sudah jam pulang kantor. Hari Selasa tanggal 26 Juli 2011 saya ditelp lagi saat pagi hari. Ternyata telp tersebut mengundang saya mengikuti interview user lagi tapi untuk posisi Operasional Bank hari Jumat tanggal 30 Juli 2011 di Wisma Asia 2 BCA, Slipi (belakang Wisma Asia 1). Padahal saya berharap telp itu adalah undangan medcheck..hahaha. Tapi panggilan tersebut adalah jawaban dari Tuhan untuk masalah yang sedang saya pergumulkan.

Secara tidak langsung, undangan interview itu menyatakan bahwa saya gagal masuk sebagai AO. Namun, itu masih bisa memberikan harapan pada saya dan tidak takut mengambil keputusan terkait keinginan saya untuk tidak memperpanjang kontrak di LG. Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, bahwa pada masa-masa itu saya cukup bimbang karena bagaimanapun ada rasa belum siap untuk menganggur. Tapi tujuan saya sudah bulat. Keputusan saya adalah untuk menunjukkan masalah yang dihadapi R&D dengan bagian lain itu sudah saatnya diperbaiki, untuk menunjukkan bahwa seorang buruh negara Indonesia tidak lemah berhadapan dengan setumpuk uang dan fasilitas kerja, untuk menunjukkan bahwa buruh Indonesia butuh diperlakukan dengan baik layaknya sebuah aset perusahaan (mungkin Anda paham mengenai 4M sebagai aset perusahaan), untuk menunjukkan bahwa  saya masih bisa menghargai kontrak kerja dengan tidak resign sebelum masa kontrak habis, dan untuk menunjukkan bahwa manusia tidak perlu takut untuk hidup karena rejeki Tuhan yang mengatur. Saya punya banyak bukti untuk hal yang terakhir ini.

Tanggal 29 Juli 2011 saya melakukan review kontrak kerja di hadapan pada bos saya di R&D. Tepat sehari sebelum saya menjalani interview user lagi di BCA. Meskipun pekerjaan di BCA belum pasti saya dapatkan, tapi saya berani mengatakan untuk tidak melanjutkan kontrak di LG dan meminta maaf atas keputusan saya. Saat review itu cukup banyak waktu yang kami habiskan untuk membahasnya. Ada sekitar 1 setengah jam. Padahal teman-teman yang lain biasanya cuma 15 – 30 menit saja. Yang saya rasakan tentu capek tapi melegakan.

Tanggal 30 Juli 2011 saya bolos kerja lagi dan mengikuti interview user di BCA. User waktu itu mengatakan bahwa hasilnya diberitahu 1-2 minggu lagi. Namun, hari Senin tanggal 1 Agustus saya ditelp lagi dan mengatakan bahwa hasil interview user sudah OK sekaligus mengundang saya untuk medical check up hari itu juga. Karena saya sudah terlanjut masuk kerja, saya minta dilakukan besoknya.

Tanggal 2 Agustus 2011 saya melakukan medcheck di klinik Miracle di Plaza Sudirman di gedung Indofood Tower saat siang hari dengan terlebih dahulu mengambil surat pengantar dari BCA pagi harinya di Wisma Asia 1 BCA, Slipi. Item check-nya hanya rontgen, urine, sampel darah, tensi, buta warna, dan baca huruf yang kecil besar (saya tidak tahu test itu apa namanya :D). Sebenarnya, sore hari tanggal 1 Agustus 2011, saya sempat ikut buka bareng dengan teman-teman dari PM dengan menu steak. Karena saya pikir bahwa itu bisa mempengaruhi hasil test nanti, saya hanya mengkonsumsi kentang, sayur, dan juice apel. Rasanya sangat sedih karena harus menahan selera makan daging yang sangat enak tersebut..hiks3x. Malamnya saya mengonsumsi susu dan nata de coco, mengatur menu makan malam, dan menjaga tidur.

Akhirnya, saya kembali menunggu lagi dengan perasaan H2C (harap-harap cemas. red). Sebenarnya saya cukup yakin lolos med check. Selain karena item check-nya cukup mudah, saya juga merasa fit 100%..hehehehe..Saya memang rajin olahraga. Hampir tiap weekend saya jogging berkilo-kilo meter serta main badminton. Hampir tiap sore juga saya sempatkan olahraga ringan di kost seperti push up, sit up, dan beberapa gerakan silat yang pernah saya pelajari waktu SMA. Tapi saya tetap harus menunggu hasil test yang peluangnya berhasilnya tidak 100%.

Yang semakin membuat saya gelisah adalah karena sebentar lagi masa liburan lebaran. Saya memang berencana pulang kampung. Saya berpikir kalau misalnya saya diterima dan awal pendidikannya masih lama, mungkin saya bisa berlama-lama juga liburan di kampung..hehehehe..Atau, takutnya ketika saya liburan di kampung namun tiba-tiba BCA memanggil tentu agak repot pulang terburu-buru mengingat jauhnya desa saya dan tiket pesawat saat itu harganya ikut melangit seperti pesawatnya..hahahaha..

Akhirnya saya beranikan menelp ke BCA dan menanyakan hasilnya hari Rabu tanggal 24 Agustus 2011. Ternyata rencana Tuhan berkata lain. HRD yang bertugas mengurusi recruitment BDP BCA itu sudah mengambil cuti lebih awal.

Saya pun pulang kampung dengan membawa rasa cemas dan gelisah.

(Image source : http://www.indosdm.com)

8 Comments

  • Eka Reply

    Kemarin saya udah interview HRD yaa , terus katanya pengumumannya 1 bulan yaa .. Dan ini udah 2 minggu .. Kalau kata temen2 sihh klo keterima , 2 minggu udah dikabari .. Gmn yaa?? Soalnya harap2 cemas nunggu pengumumannya nehh .. Pingin banget di bca .. Hehehe

  • Dian Sibarani Reply

    Bang, aku ikut rekrutmen AO BCA. Bulan lalu aku udah lolos psikotes. Nah sambil psikotes kedua berlangsung, diadakan wawancara psikolog. Setelah selesai wawancara dan mengerjakan psikotes 2, kita boleh pulang dan dihubungi lg katanya. Kmrn aku ditelpon buat dipanggil wawancara katanya. Dari beberapa blog yang kubaca ttg rekruitmen BDP BCA, bilang setelah interview psikolog lanjut FGD. tapi kok aku masih interview lg bang? atau yang kmrn cuma formalitas atau.gmn bang? kurang paham sama sistemnya juga. rencana natal mau pulang kampung juga bang sambil nunggu pengumuman BCA. Doakan yang terbaik ya bang. Mohon pencerahannya juga :) makasih bang. GBU

  • mutya Reply

    mau tanya pak saya d undang psikotest 22 april 2015 dan alhamdulillah lulus tadi pagi 08.00 23 april 2015 saya d undang interview psikolog bca yg sebenarnya harus dilakukan tgl 22 april kmrn berhubung kemarin waktu sudah sore makanya interview tadi pagi,selesai interview saya boleh pulang dan lupa tidak tanya kelanjutannya (di terima/tidaknya) kapan d umumkan, kalo bapak gimana? kira2 pengalaman bapak interview psikolog lolos/tidaknya d beri tahu kapan ya? terimakasih

    • banditbatak

      mereka biasanya menjanjikan 2 minggu..tp pengalaman saya gak sampe selama itu. 2 hari sudah diberitahu..

  • Tina Reply

    Sistt…sewaktu di mnta memilih segmen bdp, selain ao apa yg sist pilih? Interview user yg operasional di tentukan oleh pihak bdp nya ya? Mohon sharing info nya. Thxx

    • nestoriko

      makasi infonya Mor :)

  • Ariyandi Yuda P Reply

    besok ane ada panggilan buat test disana tuh gan,, R n D juga,, skrg posisi ae juga masih bkerja,, deskrip yg jelas mngenai kondisi dsana gan,,

    ane kutip “Faktor itu adalah kenyamanan dan rencana masa depan”,, maksudnya karier yah gan..??? atau apa..??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.