Cara Terbaik Menyimpan Kontak di Smartphone

Pernah mengalami kerusakan smartphone dimana seluruh kontak hilang karena belum ter-backup?

Atau, Anda mempunyai lebih dari 1 smartphone kemudian mengalami kesulitan saat akan menghubungi teman namun kontaknya ada di smartphone yang sedang mati?

Biasanya, untuk menghindari kedua hal tadi terjadi, banyak orang meng-install aplikasi third party yang berfungsi meng-backup data kontak smartphone baik secara manual ataupun otomatis. Sayangnya cara ini sebenarnya kurang praktis dan menghabiskan ruang memori.

Ada pula yang memanfaatkan fasilitas cloud yang menjadi teknologi mutakhir sejak beberapa tahun belakangan. Sebut saja iCloud, Samsung Cloud, Google Drive, dll. Namun, perbedaan platform membuat kurang fleksibel khususnya untuk orang yang mempunyai smartphone beda OS (iOs dan Android) atau ketika berganti jenis HP (Contoh: iPhone ke Samsung).

Cara menyimpan kontak yang paling mudah adalah dengan memanfaatkan Google Contacts, yaitu sebuah online address book yang disediakan oleh Google.

Langkah-langkahnya:

  1. Anda tentu harus login terlebih dahulu ke Google Account. Pada pengaturan, carilah pilihan untuk menambah account baru. Saya mencontohkan Samsung Tab S3. Dari pengaturan, pilih Cloud & Accounts –> Accounts –> Google.
    Accounts Setting
  2. Setiap menambah kontak baru, simpanlah selalu di Google Account. Otomatis akan menyimpan pada Google Contacts.
    Simpan Kontak Baru Pada Google Account

    Bagi yang sebelumnya menyimpan di SIM Card atau langsung di smartphone, lakukan export kontak dan masukkan ke memori smartphone terlebih dahulu. Masuk ke Contacts Setting –> Import/ Export Contacts. Biasanya akan tersimpan dalam bentuk vCard Files (VCF). Setelah itu, lakukan import kontak dan pilih Google Account sebagai tempat menyimpannya. 
    Contacts Setting
    Import/ Export Contacts
  3. Masih di Contacts Setting, lakukan pengaturan Contacts to Display pada smartphone. Pilih daftar dari Google Account.
    Memilih Contacts to Display
  4. Pada smartphone lain yang Anda miliki, cukup lakukan langkah 3.

 

Dengan cara ini, kontak yang tersimpan di satu smartphone akan otomatis bisa terlihat juga di smartphone lainnya sepanjang kita login dengan Google Account yang sama.

Selamat mencoba.

Sumber Gambar: digitaltrends.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco