Merdeka Bangsaku, Jayalah Negeriku

PROKLAMASI

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia. Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l., diselenggarakan dengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja. Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 05 Atas nama bangsa Indonesia. Soekarno/Hatta

Teks di atas merupakan naskah proklamasi yang dibacakan oleh Soekarno ketika mengumandangkan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945. Ya, 64 tahun telah berlalu sejak proklamasi itu menjadi dibacakan menandakan negara kita tercinta telah merdeka dari bentuk penjajahan. Hari ini tepat tanggal 17 Agustus 2009 kita merayakan hari proklamasi kemerdekaan tersebut. Sejarah mencatat setiap pengorbanan para pahlawan dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. Saya masih ingat dan akan ingat selalu setiap bentuk aksi heroik para pejuang-pejuang tanah air tersebut.

Terlepas dari pro kontra catatan sejarah yang oleh sebagian orang ada yang diputarbalikan, kita tetap harus sadar bahwa kemerdekaan itu tidak direbut dengan sangat gampang. Itu membutuhkan pengorbanan panjang, pengorbanan harta, waktu, tenaga, keluarga, bahkan nyawa. Hal inilah yang harus terus kita tanamkan dibenak anak cucu kita agar mereka tidak melupakan sejarah bangsa ini. Agar setiap cerita heroik para pejuang tersebut tidak dianggap sebagai dongeng pengantar tidur di bangku sekolah.

Saat ini kita tidak perlu lagi mengorbankan banyak hal karena ingin melakukan hal yang serupa seperti 64 tahun silam. Kita sekarang hanya perlu mengumandangkan teks proklamasi karena ingin mengenang saja. Mengenang supaya kita tidak lupa. Agar tidak terjadi lagi seperti kasus lupa menyanyikan lagu Indonesia Raya seperti ketika pidato Presiden di DPR beberapa hari yang lalu. Tetapi yang perlu dicatat adalah kita harus mengisi kemerdekaan itu dengan pembangunan bangsa.

Semoga kita akan selalu bangga dengan bangsa ini dan kita sama-sama berjuang membangun bangsa dan negara kita ini. Tidakkah saudara bosan menyandang predikat negara berkembang? Saya ingin menyandang predikat warga negara maju. Saya yakin Indonesia pasti bisa.

Selamat ulang tahun kemerdekaan negaraku Indonesia. Merdeka bangsaku, Jayalah Negeriku.

Catatan: Tahun proklamasi di sini ditulis tahun 05 karena ini sesuai dengan tahun Jepang yang kala itu adalah tahun 2605 (sumber: id.wikipedia.org)

Please follow and like us:

2 Comments

  • Yanti Reply

    Ciyeeeh, wajah baru nih yaaa??? 😀 Baru liaat :)
    Kereeen (Y)
    .-= Yanti´s last blog ..About My Side Job ;) =-.

    • HelNes Reply

      Iya mbak..makasi ya.. 😉

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco