Mengapa Mbah Surip Begitu Terkenal?

Lagu “Tak Gendong” milik almarhum Mbah Surip terbukti mampu menyihir masyarakat Indonesia untuk selalu menyanyikannya. Bayangkan saja, dia sampai mendapatkan royalti sebesar 4,5 Miliyar dari hasil penjualan RBT (Ring Back Tone). Jumlah yang sangat fantastik mengingat Mbah Surip bukanlah artis beken yang sudah lama berkecimpung di dunia entertainment secara profesional. Dia bukan pula seorang artis ibukota berwajah tampan dan bergaya hidup mewah. Bukan pula seorang pejabat negara yang mencoba mencari perhatian dengan menjadi artis. Tapi masyarakat Indonesia dari kalangan atas sampai bawah cepat mengenal dia. Ya, dia memang fenomenal.

Secara sepintas, lirik lagu “Tak Gendong” itu biasa-biasa saja. Tidak sepuitis lagu Dewa 19. Tidak pula disajikan dengan musik semeriah konser Mr. Big. Kesan sederhana begitu melekat di dalam lagu itu, bahkan sangat-sangat melekat. Meskipun sangat sederhana, lagu itu mampu mengalahkan lagu-lagu Indonesia lainnya.

Hal yang membuat demikian adalah KEUNIKAN. Keunikan yang tidak dimiliki oleh pemusik-pemusik lain yang sedang berkeliaran di televisi di Indonesia. Ini menunjukkan masyarakat Indonesia rindu dengan warna musik yang berbeda. Tidak harus menggunakan piano dengan harga miliyaran, cukup gitar butut pun sudah membuat warna lagu Mbah Surip berbeda dari lagu-lagu baru di Indonesia yang selama ini hanya bercerita tentang kisah cinta yang basi. Yang putus cintalah, diputusin pacarlah, mutusin pacarlah, mengaku selingkuhlah, diselingkuhilah, dan seterusnyalah. Ditambah pula dengan musik yang mirip antara band yang satu dengan yang lainnya. Semuanya berlomba-lomba mellow sampai-sampai sangat mirip dengan lagu band Malingsia (baca: negara tetangga penyumbang teroris).

Jujur, saya sangat rindu dunia musik Indonesia punya lagu-lagu dengan warna yang unik yang berani tampil beda. Saya sangat suka musik seperti kebanyakan orang. Makanya saya merasa pusing dengan lagu-lagu Indonesia zaman sekarang. Berbeda sekali ketika saya masih SMP dan SMA dulu. Lagu dari band-band ternama seperti Dewa, Sheila on 7, Padi, Cokelat, /rif, Slank, dan yang lainnya, masih ramai terdengar di radio dan televisi.

Semoga kisah Mbah Surip membangkitkan kreatifitas anak bangsa untuk menciptakan lirik dan musik yang berbeda dari yang biasa. Kisah Mbah Surip menunjukkan kepada kita bahwa keunikan yang dikemas dengan kesederhanaan yang akan mampu merasuk ke hati pecinta musik, bukan hanya lirik lagu yang menceritakan kisah pahit percintaan 2 sejoli.

Meskipun Mbah Surip telah berpulang ke rumah Tuhan, semoga kisahnya akan selalu dikenang dan menjadi pelajaran bagi kita semua, khususnya bagi artis-artis Indonesia yang bergaya hidup glamor dan selalu bangga dengan gosip. Karena saya bosan dengan tampilan televisi di kosan yang isinya wajah-wajah artis glamor dengan gosip yang membosankan pula, atau lagu-lagu mirip band Malingsia yang liriknya berisi kisah percintaan yang basi. He3x.

I Love You Full Mbah…!!

Lirik lagu TAK GENDONG (Mbah Surip)

Tak gendong kemana-mana Tak gendong kemana-mana Enak donk, mantep donk Daripada kamu naik pesawat kedinginan Mendingan tak gendong to Enak to, mantep to Ayo.. Kemana?

Tak gendong kemana-mana Tak gendong kemana-mana Enak tau

Where are you going? Ok I’m walking Where are you going? Ok my darling

Ha…Ha…

Tak gendong kemana-mana Tak gendong kemana-mana Enak donk, mantep donk Daripada kamu naik taxi kesasar Mendingan tak gendong to Enak to, mantep to Ayo.. Mau kemana

Tak gendong kemana-mana Tak gendong kemana-mana Enak tau

Where are you going? Ok I’m walking Where are you going? Ok my darling

Ha.. Ha…

Tak gendong kemana-mana Enak tau Ha.. Ha… Ha.. Ha… Ha.. Ha……

Capek…..

Please follow and like us:

2 Comments

  • Vicky Laurentina Reply

    Tanpa bermaksud melecehkan, saya pikir lagu Tak Gendong hanya hadir pada saat yang tepat, yaitu saat masyarakat Indonesia lagi nggak mau dibikin pusing oleh musik yang nyontek-nyontek. Lagu Tak Gendong itu lagu gampangan, orang gampang banget ngapalinnya. Mbah Surip hanya fenomena sesaat, mudah-mudahan nggak sering-sering deh ada artis kayak gini. Supaya musik Indonesia rada bermutu dikit, gitu lho.

    • HelNes Reply

      Musik itu mmg tergantungg selera mbak..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco