Apa arti nama Anda?

NAMA, hampir semua benda pasti memiliki nama, termasuk kita manusia. Ngomong-ngomongin tentang nama, saya teringat dengan kejadian beberapa hari lalu. Waktu itu teman saya nanya ke saya apakah berniat ikut acara makan-makan ulang tahun adik junior yang kebetulan boru[1] Sinaga. Saya malah balik nanya ke dia, “Tau dari mana ulang tahun adik itu? Yakin hari ini?” Dengan entengnya dia menjawab YAKIN DARI NAMANYA. Heh? Nama? Wah, hebat bener nih anak. Ternyata selama ini mempelajari ilmu ramal-meramal kayak Mama Lauren juga ya. Bisa dibikinin program SMS Gateway-nya nih. Ketik Reg<spasi>Nama, kirim ke 14045 (Maaf, lagi lapar nih πŸ˜€ ). Ternyata nama si adik yang lagi ulang tahun ini memang berhubungan erat dengan tanggal hari itu, 3 Juni 2009. Namanya Junitri Sinaga (Sorry da ito hu tulis goarmu alai dang jolo parmisi tu ho πŸ™‚ ). “Juni” berarti lahir bulan Juni dan “tri” berarti tanggal 3. Tetapi saya gak percaya begitu saja. Kalau ternyata karena anak ketiga gimana? Pertama sih kami sama-sama bingung. Ya udah, pake cara lain deh mastiinnya. Akhirnya sms langsung tuh cewek, dan ternyata benar juga kalau dia ulang tahun hari itu.

Sebenarnya sih sudah biasa menemukan yang begituan, nama yang memang mempunyai arti tersendiri. Nama memang diberikan untuk menandai sebuah benda, termasuk manusia. Kalau gak punya nama, susahlah jadinya. Coba saja bayangin kalau Anda atau saya gak punya nama? Bagaimana kalau Anda menikah nanti?

Dinikahkan si ini[2] dan si itu[3] dengan seperangkat alat..bla..bla..bla..

Bisa-bisa para Alien berpikir ternyata manusia di bumi bukan cuma kawinnya saja yang berkali-kali, menikahnya juga. Wong yang nikah terus-terusan si ini dan si itu doank. Hebatnya lagi bisa berpindah-pindah tempat, kadang di Afrika, kadang di Malaysia, dan sesekali di perbatasan Ambalat sekalian nyoba bulan madu di tengah-tengah konflik Ambalat.

Kenapa nama begitu penting? Saya pikir kita semua sudah tahu jawabannya dan punya teori masing-masing. Dan ketika William Shakespeare mengatakan “Apalah arti sebuah nama?” maka Anda pun akan bisa menjawabnya.

Ternyata memang nama yang diberikan oleh orang tua kita pada umumnya tidak asal-asalan. Pastilah mereka berpikir sebelum mengucapkan sebuah kata yang akan dijadikan nama buat kita.Karena itu jugalah kebanyakan nama kita mempunyai arti yang tersembunyi meskipun masih bisa diintip. Arti nama itu bisa berupa pengenangan akan sebuah momen tertentu, pengenangan akan sebuah tempat atau benda tertentu, menunjukkan silsilah keluarga tertentu, bahkan mempunyai tujuan tertentu, misalnya supaya sukseslah, cantiklah, gantenglah, dan seterusnyalah.

Tetapi saya sendiri sebenarnya belum tahu dengan pasti apa arti yang mungkin tersembunyi di balik nama saya. Dedi Nestoriko Sinaga, nama lengkap yang diberikan ortu ke saya. Sinaga itu merupakan marga dalam suku Batak dan itu turun temurun melekat pada orang Batak (kecuali orang Batak yang malu mengakui ke-Batakannya). “Dedi”, saya rasa itu nama pasaran yang banyak dimiliki oleh orang lain. Mulai dari selebritis terkenal sampai blogger katrok seperti saya. Yang membuat aneh, nama itu pada umumnya dipakai oleh orang Jawa tapi kok diberikan ke saya. Dan yang lebih herannya, saudara saya juga memiliki nama yang berbau ke-Jawaan. Suyanti kakak perempuan saya, Suhandi adik laki-laki saya, dan Eriwati adik perempuan saya. Mungkin karena di daerah saya banyak rekan-rekan yang bersuku Jawa dan sudah dianggap keluarga. Yang satu lagi adalah “Nestoriko”. Sudah gak terhitung jumlahnya orang yang pasti menanyakan arti “Nestoriko” ketika mendengar nama itu. Pas ditanya ke Om Google dengan keyword “nestoriko”, yang muncul malah bukan yang diharapkan. Kata ortu saya sih yang memberi itu almarhum opung[4] saya. Saya tidak sempat menanyakannya ke almarhum. Kan gak lucu kalau saya memanggil arwahnya cuma khusus menanyakan arti nama saya. Kadang hal ini membuat saya berpikir “Apalah arti sebuah nama“. Well, bagaimana dengan Anda? Tahukah Anda arti nama Anda? Atau jangan-jangan bernasib seperti saya πŸ˜€ . Ingin tahu arti nama Anda?

Ketik Reg<spasi>Nama, kirim ke 14045 NB:Don’t try this at home
[1] : sebutan untuk perempuan Batak. Contoh: kalau laki-laki disebut “marga Sinaga”, kalau perempuan “boru Sinaga”. [2] : kata ganti pengantin pertama [3] : kata ganti pengantin kedua [4] : kakek atau nenek
Please follow and like us:

34 Comments

  • albertin waruwu Reply

    nama q albertin.
    tapi aq gk tw artinya apaan.
    tolong dikasitw donk…

  • Malikhatin Afifah Reply

    apa sih arti sebuah nama ku?

  • yatit khatijah irjayanti Reply

    arti namaku apa,,,?
    balas yha…

  • dian Reply

    arti nama kita

  • Kurnia Reply

    Kalau Kurnia Widianthi? Kurnia karunia tuhan widianthinya??

  • Lamhot Reply

    satabi ito,lae,amang,inang
    numpang tanya kalo arti nama Marulitua apa yah??
    saya harapkan jawaban yang selengkapnya
    mauliate godang ^_^

  • arsad mahrizal firdaus Reply

    ikut komen ya (H)
    klo aku apa ya artinya
    nama aku Arsad Mahrizal Firdaus
    tgl lahir:27 des 1999
    lahir di sukabumi
    aku orang islam 1000000000000%

    tau ap arti nama aku gk
    ku tunggu ya
    jgn lama (H) (Y) (O) (E)

  • Rani Reply

    lagi (P) ma tmn2 have fun πŸ™‚ πŸ˜€ (*)

  • nanangsatria Reply

    yeza satria islami bisa ga di artiin……
    ta tunggu coment nya? (O)

  • zhalt nax rezpec Reply

    :-S ..kaloo nama rizal artinya apa..?

    and kaloo namanya rista apa artinya..!!? πŸ˜‰

  • novianti Reply

    nama : novianti kristanto
    artiin dong????? (E) (O)

  • redha malisa fajasi Reply

    apa arti nma q….. dlm soal kcrdasan (I) soal cinta (L) maupun rezeki (E) “redha malisa fajasi” toe nma q

  • radista pratama fuan saputra Reply

    arti’in nama gw’ dung

  • REDHA MALISA FAJASI Reply

    ArTi’iN NmA Aq dOuNk……………. πŸ™ (^) (U) (F) (G) :-[ (B) (^) (@) (O) :-S ;-( (C) :-$ (E)

  • athika syafira Reply

    ap sih arti mn akk ? :-S :-S

  • Kalo arti nama widya apa?coz anakku nama nya widya Reply

    Wait a minute ! I want to ask about name widya ! I just wish to know! Widya is nice for me coz she is my daughtr ! I love you widya !

  • SUMARYONO Reply

    (H)

  • cakep Reply

    capeeeee deeeeeeeh

  • widya Reply

    πŸ™ ap yyyyy…..arty nmq cr ndri aja πŸ˜› heheheheh

    • HelNes Reply

      “Maaf, sms yang Anda masukkan salah. Silahkan ulangi setelah nada berikut ini…”

      He3x

  • suwung Reply

    kalo soewoeng artinya kosong dalam bahasa jawa

    • HelNes Reply

      oohh..itu toh artinya mas..akhirnya rasa penasaran saya hilang

    • HelNes Reply

      Masalahnya saya gak bisa meramal mas..hehehe

  • HelNes Reply

    @Rusa Bawean:
    kalau rusa mah ngerti kang, tp bawean itu apa ya?hehehe

    @Ariyanti:
    Danurtiasn, berarti menyatukan dua piahklah ya mbak..kalau nama saya kayaknya gak menyatukan apa2 tuh..

    makasi ya mbak kunjungannya..nice name

  • Ariyanti Reply

    Ikutan komen yah :)
    Arti namaku:

    ARIYANTI: sama dengan dirimu, kayaknya memang hanya nama pasaran aja, hehe…

    DANURTIYAS: singkatan dari kakek & nenekku dari dua pihak. DA: SuDArmini, NUR: NURsiah, TI: SoeTIarno, dan YAS: YASin.

    Good writing (Y)
    [rq=7613,0,blog][/rq]My Personality Disorder

    • arti nama sicho apan yaaa?/ Reply

      aku disini,pengen tau kok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco