Menang BCA Innovation Award 2014

Manusia memang sudah diciptakan oleh Tuhan untuk bisa menghasilkan karya. Kemampuan inilah sepertinya yang ditangkap oleh Divisi Pembelajaran dan Pengembangan di BCA sehingga menginisiasi sebuah lomba yang disebut BCA Innovation Award 2014.

Piala Pemenang BCA Innovation Award 2014
Piala Pemenang BCA Innovation Award 2014

Budaya inovasi sebenarnya sudah saya terapkan di tempat kerja saya di BCA KCP Manokwari khususnya kepada bawahan saya. Setiap bulan minimal harus ada 1 inovasi atau perbaikan kecil. Beruntungnya, dengan adanya lomba ini jadi pemicu semangat untuk bisa menghasilkan karya yang lebih besar lagi. Sayapun mendaftarkan ide yang menurut saya bisa memberikan perbaikan di internal kerja di BCA.

BCA Innovation Award ini melewati 3 tahap, yaitu:

  1. Seleksi proposal dan newsletter untuk menyaring 30 besar.
  2. Presentasi di depan penguji (beberapa orang Kepala Divisi) untuk menyaring 12 besar.
  3. Tahap final, dimana peserta diminta untuk mengimplementasikan ide di tempat kerja dan mempresentasikan hasilnya di depan Direksi BCA untuk menyaring 5 besar.

Puji Tuhan saya melewati semua tahap itu dan menjadi salah satu pemenang. Motivasi utama sebenarnya biar pernah tercatat di MyBCA (situs portal internal BCA) dan majalah InfoBCA. Invonasi yang saya buat juga bermula atas keinginan bisa meninggalkan sebuah warisan yang bisa digunakan oleh BCA untuk kualitas pekerjaan yang lebih baik.

Sejak awal panitia memang tidak pernah menyebutkan hadiah lomba ini. Hadiah disebutkan pada saat pengumuman pemenang.

  1. Peserta yang masuk 30 besar mendapatkan hadiah uang dan smartphone.
  2. Peserta yang masuk 12 besar mendapatkan hadiah uang dan smartphone (nominal lebih besar).
  3. Pemenang lomba mendapatkan uang dan jalan-jalan gratis ke Korea Selatan.
Kiri: Saat terpilih sebagai 30 besar. Tengah: Saya masuk portal MyBCA. Kanan: Hadiah untuk pemenang
Kiri: Saat terpilih sebagai 30 besar. Tengah: Saya masuk portal MyBCA. Kanan: Hadiah untuk pemenang

Saya sangat senang saat pengumuman lomba tersebut. Bukan karena hadiahnya. Tapi karena keinginan saya untuk menghasilkan karya bisa tergenapi dan bisa membawa pimpinan saya naik ke panggung bersama-sama mengangkat piala kemenangan.

Saat menjelaskan tentang inovasi saya kepada Bpk. Jahja Setiaatmadja (Dirut BCA), Bpk. Suwignyo Budiman (Direktur BCA), dan Ibu Lena Setiawati (Kadiv DPP BCA)
Saat menjelaskan tentang inovasi saya kepada Bpk. Jahja Setiaatmadja (Dirut BCA), Bpk. Suwignyo Budiman (Direktur BCA), dan Ibu Lena Setiawati (Kadiv DPP BCA)

Yang perlu disyukuri lagi adalah kesempatan untuk beberapa kali keluar dari Papua dengan gratis yang bisa mengobati rindu untuk melihat Monas. Apalagi saat mempersiapkan lomba saya diminta untuk mentoring ke Bali (Kanwil IV BCA)..hehehe

Pencapaian ini adalah hadiah dari Tuhan Yesus Kristus yang telah didoakan oleh orang tau saya. Terima kasih saya sampaikan untuk pimpinan saya Bpk. Rudy Tinton Soeprapto (Ka. BCA KCU Jayapura) dan Bpk. Ambrosius Pratiwanjono (Pak Wawan – Kaur Keuangan Kanwil IV) yang telah membimbing dan memfasilitasi saya.

4 thoughts on “Menang BCA Innovation Award 2014

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco