Mencari Tahu Hari Kelahiran Anda

Maaf ya, saya bukan pengen ngomongin tentang ramal-meramal yang berbau mistik apalagi memakai sms gateway seperti yang sedang ramai di televisi. Meskipun postingan saya terakhir berhubungan dengan nama kelahiran, tapi itu di dasarkan pemikiran saya sebagai manusia yang percaya Tuhan, bukan sebagai dukun apalagi ahli nujum :D.

Hari lahir kelahiran, sebagian orang pasti banyak yang tahu hari apa dia dilahirkan. Namun, tidak sedikit yang tidak tahu bahkan tidak mau tahu dengan hari lahir mereka. Tapi itu urusan mereka. Bagi yang mau tahu, saya berikan tips mencari hari lahir Anda. Beberapa cara yang umumnya dilakukan oleh banyak orang untuk mengetahui hari lahir:

  1. Melalui prasasti yang mungkin dibuat ketika kita lahir. Biasanya dipakai untuk kelahiran zaman doeloe. Kalau tidak menemukan prasasti yang mencacat kelahiran Anda, silahkan pakai cara kedua.
  2. Mencari kalender dari tahun lahir Anda. Jika Anda lahir tahun 1978, maka Anda bisa menemukan hari lahir Anda dengan melihat kalender tahun 1978.
  3. Menghitung mundur tanggal sekarang sampai tanggal lahir Anda kemudian mencocokkan harinya. Jika hari ini adalah hari Minggu, maka kemarin adalah hari Sabtu, dan sebelumnya adalah hari Jumat, begitu seterusnya, sampai Anda menemukan hari yang cocok dengan tanggal lahir Anda.
  4. Menggunakan komputer. Cara ini bisa dibilang sangat canggih dan cepat. Tapi sepengalaman saya, komputer tidak mampu menunjukkan semua tahun yang telah berlalu sampai pada 1.000.000 pangkat 1.000.000 (bahkan lebih) tahun yang akan datang. Komputer yang saya pakai menulis sekarang hanya mampu menunjukkan tanggalan tahun 1980 – 2099. Atau karena saya gaptek kali ya, jadi tidak tahu kalau komputer sebenarnya bisa melakukannya.

Kalau ternyata komputer tidak bisa menjawabnya, atau pada saat Anda ingin tahu namun Anda tidak menemukan sebuah komputer, maka cara yang akan saya tulis ini mungkin bisa membantu. Anda hanya perlu sedikit teknik penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Itupun masih dasar kok seperti yang dipelajari ketika kelas 1 SD. Tidak sampai pada teknik turunan, limit, trigonometri, sampai integral lipat 3 seperti yang ada di mata kuliah Kalkulus dan Matematika Rekayasa.

Teknik ini termasuk terapan ilmu Aljabar yang saya dapat dari sebuah Ensiklopedia di perpustakaan SMA saya. Sampai sekarang masih saya ingat karena memang bisa dikatakan mudah.

  1. Tentukan terlebih dahulu tanggal yang ingin Anda cari harinya. Bisa tanggal lahir Anda atau tanggal-tanggal lain. Sebagai contoh kita ambil tanggal lahir kemerdekaan negara saya Republik Indonesia, yaitu 17 Agustus 1945.
  2. Periksa terlebih dahulu tahun lahir tersebut apakah tahun kabisat atau tidak. Ketentuannya, jika habis dibagi 4 berarti tahun kabisat. Namun, untuk tahun kelipatan 100 harus habis juga dibagi 400 baru masuk golongan tahun kabisat. Misalnya, tahun 1900 adalah kelipatan 100 yang habis dibagi 4 tapi tidak habis dibagi 400. Maka, tahun 1900 bukanlah tahun kabisat. Tahun kabisat terdiri dari 366 hari karena bulan Februari pada tahun kabisat terdiri dari 29 hari. KarenaΒ tahun 1945 bukanlah tahun kabisat, maka bulan Februari 1945 terdiri dari 28 hari.
  3. Hitunglah nilai h
    h=jumlah hari yang dilewati dari awal tahun (1 Januari) sampai pada tanggal itu jatuh. Maka, untuk contoh, nilai h adalah jumlah hari dari 1 januari 1945 – 17 Agustus 1945.
    h = 31+28+31+30+31+30+31+17=229.
    Perlu diperhatikan bahwa untuk tahun kabisat jumlah hari bulan Februari = 29.
  4. Hitung juga nilai k
    k= (tahun lahir – 1) : 4
    Maka pada contoh nilai k=(1945-1) : 4 = 486 sisa 0. Proses pembagian yang Anda lakukan sebaiknya menggunakan teknik yang dipelajari ketika SD yaitu menggunakan pohon sisa. Nilai k yang diambil adalah nilai bulat hasil pembagian sedangkan sisanya diabaikan (dihilangkan). Maka nilai k = 486
  5. Cari nilai S
    S = (tahun lahir + h + k) : 7
    Maka pada contoh nilai S = (1945 + 229 + 486) : 7 = 2660 : 7 = 380 sisa 0.
  6. Hasil akhir yang kita gunakan untuk mengetahui hari dari tanggal tersebut adalah nilai SISA dari perhitungan S pada langkah 5 di atas.
    • Jika sisa = 0 , maka tanggal tersebut adalah hari Jumat
    • Jika sisa = 1 , maka tanggal tersebut adalah hari Sabtu
    • Jika sisa = 2 , maka tanggal tersebut adalah hari Minggu
    • Jika sisa = 3 , maka tanggal tersebut adalah hari Senin
    • Jika sisa = 4 , maka tanggal tersebut adalah hari Selasa
    • Jika sisa = 5 , maka tanggal tersebut adalah hari Rabu
    • Jika sisa = 6 , maka tanggal tersebut adalah hari Kamis
    • Jika sisa = 7 , maka sebaiknya Anda belajar berhitung lagi deh πŸ˜€

Dari hasil perhitungan di atas bisa diketahui bahwa hari kemerdekaan Republik Indonesia adalah hari Jumat. Jika Anda tidak percaya 17 Agustus 1945 adalah hari Jumat, saya sarankan buka buku sejarah lagi :D. Atau jika kurang percaya, coba hitung untuk tanggal saat Anda membaca posting ini. Silahkan pembaca terapkan jika memang berminat.

Catatan: Mohon maaf, Β cara ini hanya berlaku untuk tanggal-tanggal pada Kalender Gregorius, yaitu kalender yang dimulai dari tanggal 15 Oktober 1582 s.d sekarang. Sedangkan untuk Kalender Julius (tahun 45 SM s.d Β 4 Oktober 1582) masih belum berlaku.

Sumber gambar:
http://www.madjumapan.com

http://paniit.iitd.ac.in


118 thoughts on “Mencari Tahu Hari Kelahiran Anda

  1. πŸ™ Kok ribet banget sih caranya,,,,

    Lewat Micr Excel lebih mudah,,,
    caranya:
    -tulis tanggal-bulan-tahun yang dicari (misal di kotak A1)
    -pilih kotak baru dan ketik =text(A1;”dddd”;) kemudian enter. Ketemu dech,,,,!!

    1. Wah..pake Mc-excel praktis banget, udah dicoba koq hasilnya sama persis seperti formula manual di atas. Dua-duanya ok nih, makasih ya mas bro.

  2. akh aku jd pusing, krn ga ada yg cocok dgn cara hitunganmu. tp lucu jg sich bikin ketawa. ha…ha…ha… πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

  3. aq bingung nich, disini aq itung2 hari lahir aq jum’at tp kata my mom hari selasa..yg bener yg mana nich ??? terus klo mau tahu pasaran harinya (pon,wage,kliwon,legi)itu bagaimana ?
    thanks.. πŸ™‚

  4. Saya mw tnya saya lhr tnggl 4 bln 1 thn 1980 yg mw sya tanya kn hr apa tnggal 4 itu pada saat saya lhr dan hari apa pada tnggal jawa nya?mohon d kbri ya mas soal nya ne hre saya ulang tahun…
    Tanks sebelum nya…

    1. Silahkan di coba aj mas formula itung2an di atas..gampang n asyik kok..mengenai tanggalan jawa nya mohon maaf saya kurang tau..kapan2 saya cari tw deh..meskipun saya bandit batak, mempelajari pelajaran si bandit jawa juga gpp kan..hehehe

  5. om hitungan terakhir saya gk ngerti
    contoh nilai S = (1945 + 229 + 486) : 7 = 2660 : 7 = 380 sisa 0.

    2660 : 7 = 380 sisa 0. <<< dapat sisa 0 ini dari mana

    trus banyaknya hari di tahun kabisat brpa aja ya πŸ˜‰

    (E) ya om
    thnks

  6. Aku dah cb semua tgl lahir keluarga, cm ada 2 tgl yg nggak tepat yaitu
    tgl 14 agustus 1979 & tgl 12 agustus 1986 (melalui hit hr selasa, tp kl nilai k dibulatkan ke atas hr rabu), sbtlnya sisa diabaikan, tp yg benar hr rabu, tlng dijelaskan dong?

  7. πŸ™‚ ibu saya bilang saya lahir hari sabtu wage tahun 1990, tapi saya bingung n saya juga tidak tahu tanggal lahir saya.
    apakah di bulan oktober ada pasaran jawa sabtu wage ya?
    Trimakasih?????

    1. Pengaruhnya di perhitungan jumlah harinya. Jumlah hari bulan februari tahun kabisat adalah 29 hari. Kelihatan pengaruhnya jika Anda lahir pada tgl 29 feb atau setelahnya.

  8. berkali-kali saya coba hitung pakai sistem pohon anak sd bahkan sampai pakai kalkulator kok hasilnya tetap 8 ya ? jadi yang perlu berlajar berhitung saya dan kalkulator atau memang infonya yang salah ya ? hahahahaaha πŸ˜‰

  9. aku mau tanya tgl 13 april 1978 jatuh pada hari apa dan wetonnya (menurut jawa) thanks … πŸ˜‰
    kalo nyari sediri .. sangat sulit πŸ™ :-$

  10. Mas saya udah mencoba menghitung baik yang tahun kabisat maupun yang bukan tahun kabisat, saya mau tanya cara menentukan nilai S bagaimana saya ambil sample :
    1.Bukan kabisat
    S=(1958+121+489):7= 366.857143
    2. Kabisat
    S=(1988+206+496):7= 384.285714
    Mau tanya kalau nilai nya seperti itu jatuh pada hari apa? S=366.857143?
    S=384.285714?
    Apa saya yang salah hitung?
    di Rumus nya S = (tahun lahir + h + k) : 7
    sample :
    S = (1945 + 229 + 486) : 7 = 2660 : 7 = 380 sisa 0.
    kenapa :7 nya dua kali padahal hanya satu kali sudah ketumu nilai 380 apa rumusnya itu benar Tolong penjelasannya
    Terimakasih..

  11. nech bagi yg pada bingung ane bkinin formulax di excel,,klo ndak slah ne cra da di ensiklopedi matematika dan peradaban manusia, buku milik negara nich,,hehe!!ane baca jg di perpus,,,!!
    ne link download dah langsung dalam ms. excel..
    tapi setau saya cara ne ane bingung pembulatannya,,cba dech kita itung tanggal sekarang pasti kebanyakan salah,,panduannya juga sedikit banget di enslikopediax,,tp coba ja dlu,,,hehe

    [[http://www.ziddu.com/download/16183758/AplikasiMencariHariLahir.xlsx.html]]

  12. @HelNes, Blog yg keren Y Y Y Y
    @Budi, Trims penanggalan On Linenya K K K Ternyata mang pas’
    dengan cara poin ke 5 diatas yaitu pake komputer;-)
    hasilnya sama H H H

  13. ada gak ya ngitung dari weton cari tahun kelahiran, karena bpk saya cuma ingat weton saja dan tidak tahu tanggal lahirnya.. trims.

  14. cara paling gampang dengan excel saja. ketik di salah satu sel angka tanggal, misalnya 17 agustus 1945 , pada sel tsb dibuat format general sehingga keluar angka 16666. dibagi 7 sisanya = 6 itu berarti hari ke enam = jumat. untuk mencari pasarannya, angka 16666 dibagi 5 sisanya =1 itu berarti pasaran ke 1 = legi.
    jadi tanggal 17 agustus 1945 jatuh hari jumat legi. hari yang sakti.
    minggu s/d sabtu =1 s/d 7
    urutan pasaran no 1 s/d 5 = legi, pahing, pon, wage, kliwon.
    cara mencari sisa pembagian, ketik pada salah satu sel : =mod(angka yg dibagi;angka pembagi), yang keluar angka sisa pembagian.
    silahkan dicoba.

  15. Mungkin perhitungan pembulatan desimal tdk tahu,saya cuman memberi tahu aja apabila bilangan desimal o,5 keatas itu klow dbulatkan menjadi satu,sbgai contoh 496,5 maka pembulatannya 497 .contoh lain 255,46 mka pembulatanny bertahap penghlangan desimalnya satu” biar ngerti dari 255,46 dblatkn menjadi 255,5 dblatkan lg menjdi 256.jdi nilai bulat 255,46 @256..karna memenuhi syrat 0,5 lebih = 1,,kalou mislkan nilainy 255,44 atu 255,4437 pembulatan yg diambil @ 255 krna tdk memenuhi syarat,,slamat menghtung kmbali

  16. apa saya yang salah hitung ya??? lahir 26 november 1988 pake perhitungan ini jatuh hari minggu, kalo d akte kelahiran jatuh hari sabtu dah ngikutin cara tsb di atas padahal :)

  17. Kok gak ada yg pas??? yang sy hitung gak ada hasil-na… :bingung
    bisa ngebantu gak ngitungin tgl ni… 3 Nov 1973 sama 6 sept 1980.
    Plisss… :request

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco