Mencari Lowongan Kerja Terbaru Melalui JobStreet

Salah satu cara mencari lowongan kerja terbaru melalui media internet adalah melalui situs JobStreet.Com. Selain bisa mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru yang dikirim ke email pribadi, kita juga bisa langsung memasukkan aplikasi lamaran pekerjaan ke perusahaan yang kita pilih melalui JobStreet tersebut tanpa harus mengirim dokumen lamaran melalui email apalagi melalui pos. Sekedar informasi, saya sendiri melamar BDP BCA melalui situs JobStreet. Selain BCA, saya sempat mengikuti test lowongan perusahaan Oil & Gas multinasional yang sangat bonafit meskipun akhirnya gagal  :mewek2. Saya memasukkan lamaran ke perusahaan tersebut melalui JobStreet. Saya sempat juga diundang mengikuti test MT di perusahaan manufaktur terbesar di Indonesia yang terkenal dengan bonusnya yang berlipat-lipat  :hope serta di bank BUMN terbesar di Indonesia saat ini. Berhubung saya sudah diterima di BCA, saya tidak mengikuti test di kedua perusahaan itu (saya mendapatkan undangan melalui SMS dan email dari kedua perusahaan itu di hari yang sama). Undangan itu saya dapatkan juga karena saya memasukkan lamaran kerja melalui JobStreet.

Akhir tahun 2010 yang lalu, saya pernah datang ke bursa karir di sebuah kampus negeri di Depok. Herannya, tidak ada satupun lamaran saya yang lolos administrasi. Padahal, datang kesana menghabiskan tenaga besar dan biaya masuk yang besar. Perusahaan yang membuka stan disana pun sangat sedikit yang tergolong perusahaan besar. Saya pikir cukup sekali itu sajalah saya datang ke sebuah bursa karir :siul

Berbeda halnya dengan JobStreet.Com. Kita bisa menemukan lowongan kerja terbaru dari perusahaan-perusahaan terbesar baik yang nasional maupun multinasional.

Saya akan memberikan beberapa langkah-langkah yang bisa Anda lakukan jika ingin mendapatkan layanan dari JobStreet ini:  :ngacir2

  1. Silahkan masuk ke situs JobStreet di http://www.jobstreet.com.

    Halaman Awal JobStreet.Com
  2. Klik tombol “Indonesia” untuk masuk ke halaman JobStreet Indonesia. Jika ingin mencari lowongan kerja dari negara lain, silahkan klik pada tombol yang tersedia. Namun, kali ini saya akan memberi contoh untuk lowongan kerja Indonesia.
  3. Di sebelah kiri atas, klik tombol “FREE Sign Up” untuk melalukan registrasi pada situs JobStreet.Com.

    Click Tombol FREE Sign Up untuk Register
  4. Anda akan diminta mengisi data registrasi. Isilah dengan selengkap-lengkapnya.

    Halaman Pengisian Data untuk Registrasi pada JobStreet.Com
  5. Jika berhasil, Anda akan diminta untuk memilih langkah selanjutnya, yaitu “Search for your Dream Job Now” atau “Complete your resume. Kita pilih untuk melengkapi CV terlebih dahulu (Complete your resume).

    Langkah Selanjutnya Membuat Resume (CV)
  6. Ada 2 cara melengkapi CV Anda pada JobStreet.Com:
    Cara pertama:

    • Dengan mengklik link “Complete your resume” yang ada pada langkah 5 di atas atau pilih melalui menu My Resume –> Create Resume.
    • Anda akan diminta melengkapi CV atau resume Anda. Silahkan isi data Anda selengkap-lengkapnya.
    • Jika sudah cukup, klik tombol “Create My Resume” pada bagian bawah.

    Cara kedua (cara yang sebaiknya Anda lakukan):

    • Dengan meng-upload dokumen CV Anda langsung ke dalam situs JobStreet. Artinya, Anda harus membuat CV terlebih dahulu menggunakan Microsoft Office.
    • Setelah mempersiapkan CV yang akan diunduh (upload), pilih menu My Resume pada situs JobStreet.Com. Klik pada menu tersebut langsung dan tidak usah pilih submenunya.
    • Anda akan masuk ke halaman My Resume.
    • Pada bagian “Create My Resume“, pilih “Upload My Own Resume“.

      Pilihan untuk Membuat CV
    • Klik tombol “Choose File” untuk memilih CV Anda yang akan di-upload.
    • Kemudian klik tombol “Create My Resume” pada bagian bawah.
    • Jika berhasil, di halaman My Resume akan muncul daftar CV yang telah Anda upload. Anda bisa melihat, mengganti, maupun menghapus CV tersebut dari JobStreet.Com.

      Daftar CV yang Telah Di-Upload
  7. Setelah selesai membuat atau pun meng-upload CV Anda, kini saatnya melakukan pencarian lowongan kerja yang terdaftar pada situs JobStreet.Com. Silahkan klik menu Search Jobs. Anda akan melihat halaman Advanced Job Search dimana Anda diminta untuk menentukan kriteria-kriteria lowongan kerja yang akan Anda cari.

    Memilih Kriteria Lowongan Kerja yang Diinginkan
  8. Kemudian, Anda akan masuk ke halaman yang berisi lowongan kerja yang relevan dengan kriteria yang Anda cari.

    Daftar Lowongan Kerja yang Tersedia
  9. Untuk melamar pada lowongan yang tersedia, pilih daftar pekerjaan yang ingin Anda lamar. Akan muncul sebuah pop up window yang berisi detail lowongan. Jika sesuai silahkan klik tombol “Apply“.

    Apply Lowongan Kerja yang Diinginkan
Selanjutnya, saya akan menjelaskan cara agar Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru yang sesuai dengan kualifikasi Anda langsung ke email Anda.
JobStreet.Com sudah menyediakan fasilitas tersebut yang biasa disebut sebagai LiNa Jobs Alert. Berikut langkah-langkahnya:
  1. Klik menu paling atas MyJobStreet. Kemudian pilih lagi menu MyJobs –> LiNa Jobs Alert.

    Pilih Menu LiNa Jobs Alert
  2. Pada halaman tersebut, klik link “Create a new job alert“.

    Buat LiNa Jobs Alert Baru
  3. Selanjutnya Anda akan masuk pada halaman pembuatan Jobs Alert yang baru. Beri judul misalnya “Lowongan Bank“. Kemudian isi data-data lain sesuai dengan kebutuhan Anda.

    Isi Data Jobs Alert yang Abru
  4. Setelah dirasa cukup, klik tombol “Save & View Jobs Matches” yang ada pada bagian bawah.
  5. Anda siap menerima pemberitahuan lowongan kerja terbaru langsung ke email Anda dari JobStreet.Com.
Sumber gambar : 
http://collegecareerlife.net

27 thoughts on “Mencari Lowongan Kerja Terbaru Melalui JobStreet

  1. Halo Bung Nestor, saya telah masukkan webmu dalam blogroll saya, tapi tak bisa di ‘rename’ dan tak muncul Icon BB yang bagus itu. Kenapa ya Bung.

    Say Horas To Greet The World!

  2. makasih banyak mas infonya, tadi sempat bingung juga cara melamar tapi setelah melihat panduan dari mas jadi ngerti cara melamar di jobstreet

    oiya, kalau boleh tahu gmn caranya memasang foto kita di jobstreet ya mas?masih bingung nih,,, soalnya baru daftar di jobstreet

    terima kasih sebelumnya ^_^

  3. koreksi jika salah…
    1. ga perlu pk surat lamaran kl lwt jobstreet, cm personal data aja
    2. data2 ky ijzah, transkrip dll ga d sertakan
    3. agak membingungkan terutama di own resume.. tu cm cv atau berkas2 lain nya di sertakan.. ????

  4. Mau tanya, kan sekarang ada apkikasi lewat android nah bisa mengubah resume , itu nanti saat kita ” apply” kan resume kita terkirim, apa yg akan muncul diperusahaan yg kita lamar itu ?? Mohon ditanggapi dan beri penjelasan tq

  5. Pak, waktu kita Aplly, itu kan harus isi Essai nya pak, gmna Tips & trik mengisi esaynya pak? karna saya udah beberapa kali melamar di Jobstreet tapi tidak pernah ada panggilan, apa karna saya yang salah mengisi essai itu tu ya pak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco