• Cara Belajar Piano Secara Otodidak

    Temukan beberapa trik mudah untuk bisa bermain piano tanpa seorang guru musik

    read more
  • Mencari Lowongan Kerja Terbaru Melalui JobStreet

    Salah satu cara mendapatkan beragam info lowongan kerja di perusahaan terkenal

    read more
  • Memasukkan Lamaran Kerja Melalui Internet

    Masukkan lamaran kerja Anda dengan cara yang lebih modern, cepat, dan mudah melalui media internet

    read more
  • Cara Menghilangkan Noda Pada Foto

    Hilangkan noda pada koleksi foto Anda dengan salah satu trik canggih namun mudah berikut ini.

    read more
  • Mencari Tahu Hari Kelahiran Anda

    Anda tahu hari apa Anda dilahirkan? Temukan jawabannya tanpa kalender atau alat yang canggih.

    read more

Memasukkan Lamaran Kerja Melalui Internet

Cukup mudah membayangkan kalau saja saya lulus sarjana di jaman Bapak atau Mamak saya (tahun 1980-an). Kalau dari film-film yang dikeluarkan tahun itu (saya sarankan untuk tidak ke bioskop kesayangan Anda untuk mencarinya :D ), terlihat bahwa kebanyakan pelamar kerja mendatangi langsung alamat perusahaan atau mengirimnya via kantor pos (saat ini saja pengiriman dokumen lewat kantor pos masih relatif lama, apalagi jaman dulu yang belum ada Tiki, DHL, JNE, dan lain-lain, kemungkinan lebih lama lagi).

Berbeda halnya dengan sekarang. Para pelamar kerja rata-rata tidak perlu mendatangi langsung alamat perusahaan yang ingin dilamar. Cukup mengirim dokumen lamaran mulai dari surat lamaran, curriculum vitae, foto, sertifikat, dan lain-lain melalui media online seperti email atau website. Sebagian besar perusahaan sudah memilih untuk menerima dokumen lamaran dengan format softcopy, bahkan ada yang menyediakan website khusus untuk para pelamarnya. Kalaupun ada yang mengharuskan mengirim dokumen hardcopy, saat ini di Indonesia sudah tersebar banyak jasa pengiriman dokumen yang lebih profesional seperti DHL, JNE, atau Tiki.

Berikut beberapa cara yang bisa kita lakukan beserta tips-nya jika ingin mengirim lamaran pekerjaan via media online :

  1. Memasukkan lewat e-mail. Meskipun mengirim email itu mudah, tapi ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan, antara lain:
    • Siapkan alamat email pribadi Anda sendiri. Artinya jangan menggunakan email orang lain. Anda bisa membuat email di Google atau Yahoo tanpa harus membayar. Jadi, tidak lucu kalau masih meminjam email orang lain untuk melamar pekerjaan.
    • Sebaiknya buat alamat email dengan kata yang mudah dikenal serta karakter yang mudah dibaca atau dieja. Saran saya gunakan nama Anda atau sebagian nama Anda sebagai alamat email. Tujuannya adalah untuk mempermudah perusahaan mengirim email kepada Anda secara langsung jika ada informasi yang perlu disampaikan. Jika pihak perusahaan sewaktu-waktu ragu dengan alamat email Anda sebenarnya, mereka bisa memastikannya dengan melihat kemiripan pada nama Anda. Contoh, jika nama Anda adalah Ayu Ting Ting, sebaiknya buatlah alamat email misalnya ayu.tingting@gmail.com atau ayu_tingting@yahoo.com. Hindari menggunakan karakter aneh apalagi alay, seperti 4yuu.think2bang3tz@gmail.com.

      Think about Ayu Ting Ting

    • Buatlah CV sebaik dan semenarik mungkin. Jika Anda kesulitan, jangan sungkan untuk meminta bantuan teman yang sudah berpengalaman membuat CV. Anda bisa juga mencari informasi yang relevan di internet mengenai tips membuat CV yang baik dan menarik lewat Google atau Yahoo.
    • Jika diminta mengirimkan CV saja, maka kirimlah hanya CV. Sebaiknya jangan memaksa untuk mengikutsertakan scan sertifikat yang cukup banyak. Kecuali perusahaan tidak menyebut secara spesifik dokumen yang harus dikirim (biasanya hanya menyebutkan “Kirim lamaran Anda ke …bla..bla“. Maka kirimlah dokumen yang perlu-perlu saja, seperti Application Letter, CV, pas foto, dan jika memungkinkan disertai scan ijasah dan transkrip nilai.
    • Usahakan ukuran file lamaran kerja Anda tidak besar. Oleh karena itu, buatlah CV yang cukup ringkas tapi padat isi. Cukup 2-3 halaman saja. Hal ini bertujuan agar perusahaan mudah men-download file lamaran Anda dan mudah untuk membukanya. Pastikan pula bahwa dokumen yang ditulis dengan Microsoft Word adalah berekstensi .doc (versi 2003) karena belum tentu perusahaan yang Anda tuju telah menginstall Microsoft Word 2007 atau 2010 (ekstensi .docx) di komputer mereka. Kecuali perusahaan secara spesifik menyebut bahwa boleh mengirim versi 2007, maka sebaiknya kirim menggunakan versi 2007 atau 2010 karena ukuran file-nya jauh lebih kecil dibanding versi 2003. Anda mungkin bisa mencoba mengirim dalam format PDF karena hampir semua komputer telah terinstall Adobe Reader untuk membuka file PDF.
  2. Memasukkan lamaran lewat website broker lowongan pekerjaan. Saya mengatakan broker pekerjaan karena website tersebut merupakan tempat bertemunya para pemberi pekerjaan yaitu perusahaan dan para pencari pekerjaan. Prinsipnya, perusahaan memasukkan lowongan pekerjaan yang mereka buka pada website broker tersebut dan para pencari kerja memasukkan lamaran meraka melalui website broker itu juga. Website broker lowongan pekerjaan yang paling terkenal saat ini adalah Jobstreet.Com dan JobsDB.Com. Silahkan Anda coba buka website tersebut dan mendaftar menjadi anggotanya (gratis). Anda akan diminta mengisi data Anda serta meng-upload CV Anda ke dalamnya. Melalui website tersebut, Anda bisa menemukan banyak lowongan pekerjaan yang sedang buka dan mungkin cocok untuk Anda. Hebatnya lagi, Anda bisa mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru dari website broker tersebut langsung ke email Anda. Jadi, Anda tidak perlu repot setiap saat membuka website tersebut untuk mencari tahu lowongan kerja terbaru yang Anda inginkan. Kedepannya saya akan memposting cara mencari lowongan kerja melalui Jobstreet.Com atau JobsDB.Com beserta cara memasukkan lamaran kerja pada situs tersebut.

    Website Jobstreet.Com

  3. Memasukkan lamaran secara langsung lewat website perusahaan yang dituju. Beberapa perusahaan sudah menyediakan website khusus bagi para pelamarnya. Melalui website yang mereka buat tersebut, para pelamar bisa mengisi data mereka dan tidak perlu mengirim dokumen lamaran lewat email atau mendaftar lewat website broker lowongan pekerjaan. Contoh lowongan perusahaan yang sudah menerapkannya adalah lowongan Pertamina, lowongan Cevron, lowongan Telkom, lowongan AHM (Astra Honda Motor), dan lain-lain.

    Website Karir PT. Telkom

Nah, bagaimana pula caranya bisa mendapatkan informasi lowongan kerja terbaru? Ada 3 cara yang bisa kita lakukan.

  1. Melalui media koran. Untuk itu, rajinlah membaca koran karena banyak perusahaan masih memasang lowongan pekerjaan yang mereka buka lewat koran. Tips dari saya belilah koran Kompas edisi hari Sabtu. Kompas secara khusus menyediakan rubrik lowongan kerja terbaru. Meskipun perusahaan-perusahaan tersebut menginformasikan lewat media koran bukannya media online, bukan berarti mereka meminta Anda mengirim dokumen lamaran lewat jasa pos. Justru banyak yang meminta untuk mengirimkan lewat email. Dari sanalah Anda bisa tahu ke mana harus mengirim lamaran Anda lewat email.
  2. Melalui website broker Jobstreet.Com atau JobsDB.Com. Seperti yang telah saya jelaskan di atas, kita bisa mendapatkan informasi lowongan pekerjaan dari kedua website tersebut. Untuk itu, segeralah mendaftar dan temukan lowongan yang sesuai dengan Anda.
  3. Melalui blog-blog yang secara khusus memposting lowongan kerja terbaru. Ada blog yang setiap hari menginformasikan lowongan pekerjaan yang paling baru. Beruntunglah kita karena pemilik blog tersebut rajin memberikan informasi kepada kita. Saya merekomendasikan 3 blog yang menurut saya paling bagus. Ketiga blog tersebut adalah:
    • http://www.lkitku.com
    • http://www.lowongankerjamigasindonesia.com
    • http://infokarirbumn.blogspot.com

    Anda bahkan bisa berlangganan informasi terbaru dari blog-blog tersebut langsung melalui email Anda (seperti halnya Jobstreet.Com atau JobsDB.Com). Contoh cara berlangganannya:

    • Coba perhatikan bagian bawah artikel ini. Anda menemukan sebuah form untuk memasukkan alamat email Anda jika ingin berlangganan artikel dari blog saya. Artinya, setiap ada posting baru yang saya tulis, secara otomatis akan masuk ke email Anda. Pada ketiga blog lowongan pekerjaan tadi, Anda juga akan menemukan form yang fungsinya sama.

      Form Langganan Artikel via Email

    • Masukkan alamat email yang ingin Anda daftarkan dan klik tombol Submit.
    • Akan muncul sebuah pop up window untuk verifikasi email. Masukkan kode antispam yang muncul kemudian klik tombol Complete Subscription Request.

      Pop Up Window Verifikasi Email

    • Sebuah email yang berisi link aktivasi akan masuk ke email Anda. Buka kotak email yang Anda daftarkan tadi dan klik link aktivasinya.

      Email Berisi Link Aktivasi Langganan

 

Sumber gambar:

http://www.detik.com

http://nerdsatthecooltable.com 

…saya hanya orang biasa yang membiasakan diri membiasakan kebiasaan-kebiasaan diluar kebiasaan-kebiasaan orang-orang biasa…

11 Comments to “Memasukkan Lamaran Kerja Melalui Internet”

  1. Agtyo says:

    Infonya bagus bang,
    kalo bisa dan kalo berkenan saya minta contoh CV dan aplication letter yang abang pakai. terimakasih

  2. andri supriadi says:

    klw da lwngan krja hbngi sya andri supriadi
    nober hp 087826632507
    sya llsan smea pangadaran jrusan kmputer
    trima ksih…….

  3. edi suryadi says:

    kerja ayo kita kerja

  4. jisung says:

    saya kirim datanya

  5. kalou ada lowongan kerja technik mechine pendingin amonia & freon sistem hubungi saya nama:erik dedianto,,nomer Hp:087755564600
    Test skil pengalaman langsung praktek dilapangan & teori

  6. fatmawati says:

    kalau ada lowongan asisten atau staf, tolong di balas

  7. imay says:

    kalau ada lowongan mngenai marketing,tlg di blz yaa

  8. Hendra wahyuda says:

    Assalamualikum,,salam sejahtera buat kita semua…
    Untuk Kelancaran dan kemajuan Suatu perusahaan Saya Siap Untuk Mendapatkan Tugas yang di Berikan Suatu perusahaan…

    Apabila Bapak / Ibu Derektur Membutuhkan Tenaga Kerja Mohon dengan Sangat Hubungi Saya di Nomor Henpone ( 081259471102

  9. ingin cari kerja sebagai tenaga administrasi. ijaza d3 matematika. bisa komputer word dan exel. umur 51 thn tidak kawin. no hp 085256791961. alamat manado

  10. adhyn says:

    bagi orang makassar yang mencari tenaga cleaning service gaji UMR harap hubungi saya……
    085255371025
    089640028567

  11. Sidar says:

    Tolong bantuannya klw ad Loker bidan di daerah Jakarta mohon infonya yH . .

Leave a Reply

Message

[+] kaskus emoticons