Penipuan Menggunakan MyTelkomsel

Beberapa hari yang lalu, saya menerima telpon dari nomor yang mengaku dari pihak Telkomsel. Awalnya saya berpikir bahwa dia akan mengarahkan saya menuju ATM untuk mentransfer sejumlah uang tertentu, melakukan pembelian pulsa, atau mendaftarkan SMS banking dengan menggunakan nomor HP penipu. Namun, kali ini modusnya berbeda dan cukup maju. Penipu mencoba mengakses aplikasi MyTelkomsel menggunakan nomor HP saya.

Ilustrasi penipuan melalui telpon

Aplikasi MyTelkomsel merupakan aplikasi yang berbasis IOs dan Android yang bisa digunakan untuk mengecek sisa pulsa, sisa paket telpon, sms, dan juga data internet. Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk membeli produk-produk tertentu baik itu pulsa, paket internet, paket telpon, paket sms, roaming, beli NSP, dan juga hiburan.

Fitur MyTelkomsel

Pengguna juga bisa membelikan produk tersebut kepada orang lain. Fasilitas inilah yang dimanfaatkan oleh penipu.

Membeli produk untuk orang lain

Setelah menginstal MyTelkomsel, pengguna akan diminta untuk login menggunakan nomor HP atau media social. Jika login menggunakan nomor HP,  pihak Telkomsel akan mengirimkan sms berisi kode berupa OTP (One Time Password) sebagai password untuk memverifikasi nomor HP kita.

Langkah-langkah login ke MyTelkomsel

Yang dilakukan oleh penipu adalah melakukan login pada aplikasi MyTelkomsel di gadgetnya menggunakan nomor HP korban dan mengarahkan korban untuk memberitahukan OTP kepada penipu dengan alasan untuk registrasi lanjutan agar bisa mendapatkan hadiah.

Supaya saya dan pembaca tidak tertipu, berikut beberapa tips yang bisa kita ikuti:

  1. Jangan percaya dengan penelpon yang mengaku dari Telkomsel jika nomor yang menghubungi Anda adalah nomor HP. Perusahaan besar sangat kecil kemungkinan menghubungi konsumennya dengan menggunakan nomor HP apalagi menyampaikan informasi mengenai hadiah.

  2. Jangan langsung gembira apalagi sampai jingkrak-jingkrak karena dikabari mendapatkan hadiah. Kegembiraan yang berlebihan akan semakin mempermudah penipu mengarahkan kita mengikuti perintahnya.

  3. Jangan memberitahukan PASSWORD login MyTelkomsel. Semua password sifatnya adalah rahasia. Ketika kita login ke aplikasi MyTelkomsel, Telkomsel akan mengirimkan sms berisi OTP (One Time Password) ke nomor HP kita disertai dengan peringatan untuk berhati-hati dengan penipuan. Ikuti peringatan tersebut.

    SMS berisi password login MyTelkomsel

Saya cukup lama mengulur-ulur pembicaraan dengan penipu tersebut agar pulsanya terkuras. Bahkan saya sempat minta dikirimkan pulsa saat penipu menyuruh saya mengirim sms berisi nama lengkap, nomor KTP, dan nomor KK. Saya bilang pulsa saya habis. Meskipun saya masih belum bisa memastikan tujuan penipu meminta nomor KTP dan KK saya, namun menurut saya ada 2 kemungkinan:

  1. Untuk lebih meyakinkan korban bahwa pemberian hadiah yang disebutkan penipu adalah benar dan serius.

  2. Untuk digunakan sebagai data registrasi kartu pra bayar yang memang sudah diwajibkan oleh pemerintah.

Untuk membantu pihak Telkomesel menginvestigasi penipuan ini, kita bisa melaporkannya melalui sms ke 1166 dengan format:

PENIPUAN#NOMOR HP PENIPU#MODUS PENIPUAN

Format SMS laporan penipuan Telkomsel

Sebenarnya ada saran untuk pihak Telkomsel agar penipuan menggunakan aplikasi MyTelkomsel tidak merajalela. 

  1. Sebaiknya aplikasi ini hanya bisa dijalankan di perangkat atau gadget yang menggunakan nomor HP yang digunakan. Maksudnya, jika nomor pengguna dipasangan di perangkat A, maka nomor tersebut hanya bisa login ke aplikasi MyTelkomsel yang terinstall di perangkat A. 
  2. Untuk bisa bertransaksi melalui aplikasi MyTelkomsel, pengguna diharuskan melakukan aktivasi TCash (uang elektronik Telkomsel). Ketika pengguna sudah berhasil login ke MyTelkomsel, aktivasi TCash sangat mudah dilakukan. Hanya perlu membuat PIN 6 digit dan TCash sudah bisa digunakan. Sebaiknya aktivasi juga menggunakan kode verifikasi yang dikirim ke HP pengguna. Walaupun pengguna sudah sempat tertipu diawal dengan memberikan OTP untuk masuk ke aplikasi MyTelkomsel, mungkin ketika ada permintaan PIN lagi oleh penipu, pengguna jadi sadar bahwa ada hal yang tidak beres. Saran No. 2 ini tidak perlu dilakukan jika saran No. 1 bisa terwujud.  🙂 

Sumber Gambar: tribunnews.com | telkomsel.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco