Puji Tuhan, MK Menolak UU BHP-Sebuah Produk Komersialisasi Pendidikan

Terkejut rasanya (karena senang) ketika mendengar berita dari teman saya kemarin sebelum dia berangkat untuk sebuah kepentingang yang sangat mendesak. Dia berkata bawah Undang-Undang Badan Hukum Pendidikan (UU BHP) yang selama ini menuai pro-konra akhirnya ditolak oleh Mahkamah Konstitusi (MK). Seperti tidak percaya, saya akhirnya melihat beritanya di TV. Puji Tuhan, ternyata memang ditolak. UU BHP yang merupakan dampak dari Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional (UU Sisdiknas) yang mengharuskan perguruan tinggi menjadi badan hukum selama ini memang menuai banyak protes khususnya dari kalangan mahasiswa, termasuk salah satunya saya sendiri.

Betapa tidak, dari beberapa kajian yang dilakukan oleh beberapa kalangan yang ahli dan juga kajian yang dilakukan oleh mahasiswa yang pernah saya ikuti, UU BHP cenderung mengarah pada komersialisasi pendidikan. Saya tahu ada hal baik di balik UU BHP. Tapi hal baik tersebut belum pernah terbukti. Apakah kita mahasiswa hanya akan menjadi kelinci percobaan, sedangkan di satu sisi, yang namanya UU harus dipatuhi dan dijalankan? Yang saya takutkan hanya satu, orang miskin tidak bisa kuliah. Bukannya saya sok sosialis, tapi dari beberapa uji coba UU tersebut (yang sebelumnya bernama UU BHMN), tidak ada satu pun kampus yang dijadikan percontohan yang menunjukkan hasil yang positif . Justru semakin menakutkan. Uang kuliah di kampus-kampus tersebut justru semakin mahal.

Yang penting menurut saya adalah merevisi UU Sisdiknas tersebut. Itulah akar permasalahan sebenarnya.

HIDUP MAHASISWA..Hasil Perjuangan Hari Ini, Kita Jadikan Modal Untuk Perjuangan-Perjuangan Selanjutnya. Jangan Pernah Lelah Bernyanyi Di Jalan Wahai Sobatku Mahasiswa.

Sumber Gambar: http://dunia-tanpa-kata.blogspot.com

Please follow and like us:

2 Comments

  • Cyber berita Reply

    ga nyesel ane mampir ke blog sobat,lengkap2 smua lagi…thx for share ya bro :D

  • Bang Bob Reply

    nggak habis pikir juga kalo pendidikan dijadikan bahan yang dikomersialkan
    .-= Bang Bob´s last blog ..Merangkum Indonesia =-.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] kaskus emoticons nartzco